RSS

Bersafari Yukk…!!!

Bersafarilah…! Jika kalian merasa bersedih hati, suntuk, lalu stress bin frustasi atas semua beban hidup yang yang kalian alami. Rupanya bersafari itu indah dan ni’mat sekali, bahkan mengasyikkan atau bahkan terkadang bisa membuat kalian mengharu biru sampai-sampai air mata yang bening ini menangis menganak sungai membasahi pipi. Apalagi ketika kalian menyaksikan ayat-ayat kauniyah-Nya sangat mempesona di sepanjang perjalanan kalian. Mungkin itu indahnya ciptaan Ar Rahim yang ada di daratan maupun yang ada di lautan. Lalu tanpa sadar kerinduan kalian mencuat ketika menyaksikan “adik-adik” kecil yang masih lugu-lugu itu benar-benar masih membutuhkan kehadiranmu setiap saat. Harapan untuk selalu mendapatkan bimbinganmu selalu mereka rindukan setiap saat. Anak-anak kecil di pelosok pinggiran “Sungai Mahakam” itulah yang selalu menantikan kehadiran kalian. Mereka nampak lugu-lugu tapi mereka penuh dengan cita-cita serta harapan yang besar. Mungkin aku, begitu juga kalian yang selama ini cuek ! bahkan “cuek bebek” akan segera merubah sikap kita menjadi orang yang suka atau malah “nggak tega” ketika melihat anak-anak lugu di pinggiran “Sungai Mahakam” itu. Mereka lugu-lugu, kecil-kecil, berjilbab mungil-mungil lalu mereka belajar wudhu, belajar sholat, bernyanyi, mengaji bersamamu selama kurang lebih satu bulan. Tapi lantas ketika mereka telah dekat dengan kalian bahkan mereka mulai memanggilmu “kakak” atau “ustadz” dan telah terpaut antara hati kita dan hati mereka, bahwa aku dan juga kalian adalah saudara mereka, tiba-tiba kalian harus berpisah dengan mereka. Bayangkan bagaimana yang mereka rasakan ketika itu. Entah sengaja ataupun tidak butiran-butiran bening itu sedikit demi sedikit pasti akan menetes membasahi pipi-pipi mungil mereka.

Jika selama ini masih ada rasa, bahwa kita ini telah cukup berilmu lalu merasa “wah” dan hebat pada diri kalian termasuk aku. Yukk ! kita bersafari..!!. Betapa orang-orang di kampung kita atau bahkan orang-orang di daerah Malang, Gresik, Jombang, Pandaan, Sidoarjo, Jember, Lumajang, Bondowoso, Sapeken dan bahkan penghuni di segenap pojok bumi pertiwi dan sejengkal ranah dunia ini masih senantiasa menanti untaian-untaian kalimat yang keluar dari rongga pita suara aku dan juga kalian. Apalagi mereka sejak awal telah mengetaui kalau aku dan juga kalian adalah bagian dari The Student Of PERSIS Bangil, tapi ingat jangan sampai ada rasa “wah” yang muncul dari diri kita, karena itu yang akan membuat setan merasa menemukan celahnya.

Bersafari bukan hanya sekedar me”refresh” otak, tapi lebih dari itu. Yaitu sebagai pengenalan da’wah dan sedikit ilmu yang telah kita dapat. Supaya kita semua tersadar bahwa betapa luasnya bumi tempat kita berpijak ini. Sehingga, kita sadar bahwa hidup kita ini tidak hanya berputar sekitar asrama, perpustakaan, kelas, math’am, masjid, lapangan, plaza, alun-alun Bangil. Tidak ! kalau tetap itu semua yang kita lakukan itu terlalu sempit. Mengapa kita tidak belajar dari orang-orang terdahulu, mereka bahkan keliling dunia sampai bisa menemukan satu Benua. Rupanya, bersafari seperti ini tak harus berkelana menjelajah dunia. Tapi kita juga bisa membaca buku-buku sejarah, atau hanya sekedar menyapa mengapa sampai Hitler mati bunuh diri, atau mengapa Thomas Alva Edison bisa jadi orang terkenal dan di kenang jasa-jasanya. Itulah hasil dari pengembaraan. Tapi kita akan menemukan orang-orang unik di sepanjang pengembaraan kita yang terkadang bisa menjadi ibroh bagi kita semua.
Teman. Jika selama ini hidupku, sikapku, perkataanku selalu membuat kalian meradang marah atau bahkan aku selalu selalu membuat kalian menggerutu di belakangku, aku mohon bukakan pintu kalian buat aku. Aku sadar, aku hanyalah anak jalanan. Anak jalanan yang selalu ingin berada di Jalan Allah SWT. Do’akan aku selalu agar aku bisa “menyambangi” kampung-kampung kalian. Lalu mari kita eratkan ukhuwah kita untuk selalu menghadirkan kehendak-kehendak Sang Maha Rahman dan Rahim di segenap pojok bumi pertiwi ini. WALLAHU A’LAM BISH SHOWAB

Ya Allah jadikan umur terbaik hamba di penghujungnya, jadikan amal baik hamba di penutupnya, jadikan hari-hari hamba saat bertemu dengan Mu… Aminn

*Penulis adalah anak jalanan yang senantiasa ingin berada di jalan-Nya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar